Kunci kejayaan Islam

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمـد لله، نحمده ونستعينه و نستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا، ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له. وأشهـد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.

} يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ{.

}يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً{.

}يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فـَازَ فَوْزاً عَظِيماً{. أما بعد:

فإن خير الحديث كتاب الله، وخـير الهدي هدي محمد -صلى الله عليه وسلّم-، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة، وكل بدعة ضلالة، وكل ضلالة في النار.

Saudara-saudaraku kaum muslimin wal muslimat yang semoga dirahmati Allah I

Bulan suci romadhon telah berlalu meniggalkan kita, bulan yang penuh dengan keutamaan, bulan yang penuh rohmat, ampunan dan pembebasan jiwa kaum muslimin dari api neraka, bulan yang didalamnya dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka, bulan dimana syetan-syetan-syetan dibelenggu, dan mudah-mudahan Allah I menerima amal sholeh yang kita usahakan pada bulan romadhon kemarin karena Allah I tidaklah menyia-nyiakan pahala bagi hamba-hamba-Nya yang beramal sholeh.

Bulan romadhon telah berlalu tetapi ketahuilah wahai saudara-saudaraku bahwa amalan kaum mukminin tidak terhenti dengan berlalunya bulan romadhon, maka janganlah kita menganggap tugas kita selesai sampai disini, kita tetap berkewajiban untuk beribadah pada bulan-bulan selain bulan romadhon karena Allah I berfirman :

واعبد ربك حتى يأتيك اليقين

” Dan beribadahlah kepada Robbmu hingga kematian datang kepadamu ” (Qs. Al hijr : 99).

Jadi merupakan kesalahan yang besar kalau ada sebagian orang yang bersungguh-sungguh beramal pada bulan romadhon tetapi setelah berlalu bulan romadhon dia meninggalkan ketaatan kepada Allah I dan perbuatan ini bukanlah sifat kaum mukminin yang baik.

Kaum muslimi wal muslimat rohimani wa rohimahulloh

Di pagi hari ini patutlah kita berbahagia dan bersyukur kepada Allah I atas limpahan nikmat-nikmatNya yang sangat banyak kepada kita semuanya, sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk beribadah kepada Allah I dan menegakkan siar-siar islam yaitu sholat ‘idul fitri. Untuk itu wujud rasa syukur kita kepada Allah I harus betul-betul kita praktekkan di dalam diri kita baik dengan lisan, dengan hati, dan dengan amalan anggota badan sebab Allah I akan nikmat bagi hamba-hambaNya yang selalu mensyukuri nikmat yang diberikan dan Allah I mengancam orang-orang yang tidak mau bersyukur dengan adzab yang pedih.hal ini ditegaskan Allah I di dalam surat ibrohim ayat :7 :

وإذْ تأذَّن ربكم لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عذابي لشديد

“Dan (ingatlah juga) tatkala Robbmu mema’lumkan ” sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya adzabKu sangatlah pedih “.

kaum muslimin rohimani warohimakumullah

Pada zaman ini kita merasakan prihatin dan sedih kalau melihat keadaan kaum muslimin mulai dari kesyirikan yang menyebar dimana-mana, kebid’ahan, kemaksiatan yang secara terang-terangan dikerjakan oleh manusia sampai penindasan dan pembantaian yang didalangi oleh orang-orang kafir musuh-musuh islam baik orang yahudi, orang nashroni atau lainnya. Realita yang pahit ini akibat keadaan kaum muslimin yang sudah jauh dari ajaran islam. Maka kita harus berusaha untuk menghilangkan keterpurukan umat islam saat ini, dengan apa kita bisa mengangkat ‘izzah atau kejayaan islam? Jawabnya yaitu dengan berdakwh kepada manusia supaya rujuk(kembali) kedalam ajaran islam yang murni sesuai dengan pemahaman para salafush sholih. Sebagaimana perkataan imam malik bin anas t yang maknanya:

لا يصلح هذه الأمة إلا بما صلح أولها

“Umat ini tidak akan menjadi baik kecuali dengan (mengikuti) kebaikan generasi awal islam”.

Karena mereka adalah generasi terbaik di dalam islam. Sebagaimana sabda Nabi  :

خير الناس قرني ثم الذين بلونهم ثم الذين بلونهم

“Sebaik-baik manusia adalah pada masaku kemudian masa sesudahnya kemudian sesudahnya”.

Oleh karena itu dengan kembali kedalam ajaran Islam yang lurus dan murni sebagaimana ajaran Rosulullah r , para sahabat y , dan tiga generasi islam yang pertama insyaAllah akan tercapai kejayaan islam ini sebagaimana jaman dahulu para sahabat telah menuai kejayaan dengan ditaklukkannya orang-orang kafir dan menyabarlah dakwah islam kepenjuru daerah sehingga kalimatulloh hiyal ‘ulya wakalimatul kafirin hiyas sulfa (kalimat Allah menjadi tinggi dan kalimat orang-orang kafir menjadi rendah). Dan dakwah yang paling kita dahulukan untuk masyarakat ini adalah dakwah tauhid dan peringatan dari kesyirikan, karena tauhid adalah pondasi tegaknya islam jika pondasi yang kita kokohkan maka niscaya akan kuatlah keimanan kita.dan jika kitaperhatikan siroh/perjalanan hidup nabi kita Muhammad r maka kita dapati bahwa beliau r berdakwah tauhid di makah selama sepuluh tahun lamanya dan selama itu belum ada syariat sholat, puasa dll. Demikian juga dakwah tauhid inilah yang telah diemban oleh para Rosul alaihimus salam. Allah I berfirman :

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُواْ اللّهَ وَاجْتَنِبُواْ الطَّاغُوتَ

“Dan sesungguhnya kami telah mengutus rosul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan) sembahlah Allah saja dan jauhilah thoghut “. (Qs. An nahl : 36).

Maka  kita peringatkan umat islam ini dari praktek kesyirikan yang telah menyebar ditengah masyarakat kita, contoh kesyirikan yang ada di masyarakat seperti : berdo’a atau meminta sesuatu kepada kuburan wali atau atau tempat-tempat yang dikeramatkan, menyembelih untuk jin, sesaji kepada jin ,dll

Diantara bahaya perbuatan syirik adalah :

1.syirik adalah dosa yang tidak diampuni oleh Allah I :

Allah I berfirman :

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa mempersekutukan sesuatu dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa dibawah syirik itu bagi siapa yang dikehendakiNya ‘. (Qs. An nisa’ :48 ).

2.Allah I mengharomkan syurga bagi orang yang berbuat syirik

Allah I berfirman :

إنه, من يشرك بالله فقد حرم الله عليه الجنه ومأواه النار وما للظالمين من أنصار

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya syurga , dan tempatnya  ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang yang zalim itu seorang penolongpun “. (Qs. Al maidah :72 ).

3.orang yang berbuat syirik akan kekal dineraka.

Allah I befirman ;

إن الذين كفروا من أهل الكتاب والمشركين في نار جهنم خالدين فيها ألئك هم شر البرية

“sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka jahannam ; mereka kekal didalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluq”. (Qs, Al bayyinah :5).

4.Perbuatan syirik dapat menghapus seluruh amal sholeh.

Allah I berfirman :

ولو أشركوا لحبط عنهم ما كانوا يعملون

“Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan”. (Qs. Al an’am ; 88).

Kaum muslimin rohimani wa rohimakumulloh

Setelah kita tahu bahayanya akibat perbuatan syirik kita berusaha untuk menjauhinya dan khawatir kalau kita terjerumus kedalam kesyirikan dan janganlah kita merasa aman dan merasa terbebas dari perbuatan syirik tsb. Sebagai contoh saja nabi ibrohim u  kholilulloh(kekasih Allah I), abul anbiya’ (bapaknya para nabi) dan berbagai macam keutamaan beliau. Beliau masih kawatir dari perbuatan syirik dan berdoa kepada Allah I :

واجنٌبْنِي وبنيَّ أن نعبد الأصنام

“Dan jauhkan aku beserta anak cucuku dari pada menyambah berhala-berhala”. (Qs. Ibrohim : 35).

Jika Nabi ibrohim u saja yang pemahaman tauhidnya tidak diragukan lagi masih khawatir dan takut terjerumus di dalam kesyirikan maka terlebih lagi kita dengan kelemahan iman kita.

Hadirin semuanya diantara upaya untuk menghindari kesyirikan adalah :

1.mempelajari tauhid secara rinci dan sungguh-sungguh agar bisa merealisaai(mempraktekan)

tauhid

2.mempelajari syirik secara rinci dansungguh-sungguh supaya dapat menjauhinya.

3.Senantiasa bertaubat ketika berdosa karena sekecil apapun dosa akan menjerumuskan

kesyirikan.

4.giat mendakwahkan tauhid agar orang-orang disekitarnya bertauhid supaya tdk menjadi

ancaman baginya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan pagi hari ini semoga Allah I meberikan manfaat  bagi saya dan bagi kaum muslimin seluruhnya, dan terakhir kita berdo’a kepada Allah I semoga Allah I berkenan mengabulkan doa kita.

اللهم صل على محمد …

ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سيقونا…

اللهم اَرِنا الحقَّ حقا وارزُقْنا اتباعَه وأرنا الباطل باطلا ورزقنا اجتنابه

اللهم إنا نسألك علما نافعا ورزقا طيبا و عمَلا متقبَّلا

اللهم إنا نسألك الهدى والتقى والعفاف والغنى

ربنا ظلمنا أنفسنا وان لم تغفر لنا وترحنا لنكونن من الخاسرين

اللهم أعِزّ الإسلام والمسلمين

اللهم إنا نعوذ بك من علم لا ينفع ومن قلب لا يخشع ومن نفس لا تشبع ومن دعوة لا يستجاب لها

اللهم إنا نعوذ بك من أنشرك بك شيئا ونحن نعلم ونستغفرك لما لا نعلم

ربنا لا تؤاخذنا إنْ نسِينا أو أخطأْنا, ربنا ولا تَحْمِل علينا إصرًا كماحملْته على الذين من قبلنا, ربنا ولا تُحمِّلْنا ما لا طاقةَ لنا به, واعفُ عنا واغفر لنا وارحمنا أنت مولانا فانصرنا على القوم الكافرين

ربنا آتنا في الدنبا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

اللهم اهدنا الصراط المستقيم صراط اللذين…

وصلّى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين وآخر دعونا أن الحمد لله رب العالمين

Penulis: Abu Farhan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: